Laboratorium

Laboratorium Pemrograman

Laboratorium Pemrograman digunakan sebagai sarana praktikum menunjang mata kuliah yang berorientasi pada masalah pemrograman dan rekayasa perangkat lunak, seperti Algoritma & Pemrograman, Struktur Data, Desain dan Analisa Algoritma serta Pemrograman Berorientasi Obyek

LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA DAN ERGONOMI

Di Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi mahasiswa belajar mendesain suatu sistem produksi yang efektif dan efisien. Modul yang diajarkan meliputi modul ergonomi, sistem kerja, dan perancangan dan pengendalian produksi dan tata letak fasilitas.

LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM INDUSTRI

Di Laboratorium Perancangan Sistem Industri, mahasiswa belajar mengintegrasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dalam rangka mendesain dan menjalankan sistem suatu industri.

LABORATORIUM OPTIMASI & SIMULASI

Di Laboratorium Optimasi & Simulasi, mahasiswa belajar mensimulasikan suatu sistem industri dan mengoptimalkan sistem tersebut dengan bantuan software Promodel.

LABORATORIUM SISTEM KUALITAS

Di Laboratorium Sistem Kualitas, mahasiswa belajar untuk meningkatkan kualitas produk/peroses melalui eksperimen desain.

LABORATORIUM STATISTIKA

Di Laboratorium Statistika, mahasiswa belajar mengenal teori probabilitas dan mengaplikasikan ilmu statistika pada pengujian hipotesa.

LABORATORIUM FISIKA

Laboratorium Fisika dikelola oleh Fakultas Teknologi Industri. Di laboratorium ini mahasiswa belajar mengenal hukum-hukum Fisika secara aplikatif.

LABORATORIUM KOMPUTER

Laboratorium Komputer menggunakan fasilitas Pusat Komputer yang dikelola oleh Universitas Kristen Petra. Di laboratorium ini mahasiswa belajar mengaplikasikan logika pemrograman komputer dengan bahasa pemograman Visual Basic.

LABORATORIUM MANUFAKTUR

Laboratorium Manufaktur dikelola oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra. Di laboratorium ini mahasiswa belajar memahami berbagai macam teknologi proses manufaktur konvensional.

LABORATORIUM CADE

Laboratorium Computer Aided Design & Engineering (CADE) dikelola oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra. Di laboratorium ini mahasiswa belajar membuat gambar teknik guna menyusun bill of material.

LABORATORIUM LOGAM

Laboratorium Logam dikelola oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra. Di laboratorium ini mahasiswa belajar memahami berbagai macam sifat bahan-bahan teknik.

LABORATORIUM SISTEM KOMPUTER

Laboratorium Sistem Komputer digunakan sebagai sarana praktikum yang berhubungan dengan penggunaan perangkat keras komputer, seperti Rangkaian Digital, Pengantar Arsitektur Komputer serta Sistem Operasi.

LABORATORIUM SISTEM INFORMASI

Laboratorium Sistem Informasi digunakan sebagai sarana praktikum untuk menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan sistem informasi dan program aplikasi, seperti Basis Data, Sistem Informasi, Paket Program Aplikasi, serta Statistika.

LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER

Laboratorium Jaringan Komputer digunakan sebagai sarana praktikum untuk menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan jaringan dan internet, seperti Komunikasi Data, Jaringan Komputer, Teknologi Web, serta Pemrograman Client Server.

LABORATORIUM SISTEM CERDAS

Laboratorium Sistem Cerdas digunakan sebagai sarana praktikum untuk menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan kecerdasan buatan, seperti Sistem Cerdas, Computer Vision, Decision Support System serta Sistem Logika Fuzzy.

LABORATORIUM MULTIMEDIA

Laboratorium Multimedia digunakan sebagai sarana praktikum untuk menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan multimedia, seperti Komputer Grafik serta Sistem Multimedia.

LABORATORIUM SISTEM TENAGA LISTRIK (STL)

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik (STL) adalah laboratorium Prodi Teknik Elektro untuk bidang studi Teknik Energi Listrik. Laboratorium ini bertempat di Gedung I lantai-1.

Lab STL memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam berbagai kegiatan praktikum, proyek Tugas Akhir dan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan Teknik Energi Listrik.

Praktikum yang diselenggarakan di Lab STL adalah Dasar Konversi Energi, Mesin - Mesin Listrik, Instalasi Tenaga Listrik, Sistem Proteksi dan Power Quality

Di Lab STL terdapat peralatan dan modul praktikum seperti:
1. Power Quality Analyser – Fluke 434 for 3 phasa
2. Power Harmonics Analyzer – Fluke 41B for 1 phasa
3. Power Quality Analyzer – Fluke 43 for 1 phasa
4. Earth Resistance and Installation Tester - Unitest Euro – Expert Plus
5. Laser Distance Meter - Leica Disto™ D3A
6. Thermometer Non Contact - Raytek PM Plus RAYRPM30L3U
7. Watts Clever Wireless Energy Monitor EW4006
8. DigitMex Digital Hygro Thermometer TH400
9. Precision Pyranometer with integral sensor Apogee MP-100
10. Variable Impedance
11. Laboratory Power Supply
12. Simulator Capacitor Bank

Penelitian yang ada di dalam Lab STL dilakukan dengan koordinasi Kelompok Studi (Research Group) EPEMS (Electrical Power and Energy Management System).
Bidang bidang penelitian adalah Power Quality, Renewable Energy, dan Manajemen Energi dan lain-lain.
Beberapa proyek penelitian yang telah dilakukan antara lain:
• Peningkatan Output Solar Cell dengan menggunakan Cermin datar Ganda. (Hibah Penelitian PHK A2 tahun 2009)

Dosen yang tergabung di Lab STL adalah:
1. Julius Sentoso Setiadji, S.T., M.T. - Kepala Lab STL
2. Ir. Murtiyanto Santoso, M.Sc.
3. Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc, Ph.D
4. Ir. Emmy Hosea, M.Eng.Sc.
5. Stephanus Ananda, S.T., M.Sc., Ph.D. (Cand)
6. Dr. Daniel Rohi, S.T., M.Eng.Sc.
7. Yusak Tanoto. S.T., M.Eng. Ph.D. (Cand)

LABOTARORIUM SISTEM KONTROL

Laboratorium Sistem Kontrol adalah salah satu laboratorium Prodi Teknik Elektro untuk bidang studi Teknik Elektronika. Laboratorium ini bertempat di Gedung I lantai-2.

Dosen yang tergabung di Lab Sistem Kontrol adalah:
1. Felix Pasila, S.T., M.Sc. Ph.D. - Kepala Lab Sistem Kontrol
2. Thiang, S.T., M.Eng.
3. Hany Ferdinando, S.T., M.Sc., Ph.D. (Cand)
4. Handy Wicaksono, S.T., M.T., Ph.D. (Cand)

Laboran Lab Sistem Kontrol adalah Heri Suhartono

LABORATORIUM ELEKTRONIKA

Laboratorium Elektronika adalah salah satu laboratorium Prodi Teknik Elektro untuk bidang studi Teknik Elektronika. Laboratorium ini bertempat di Gedung I lantai-3.

Dosen yang tergabung di Lab Elektronika adalah:
1. Handry Khoswanto, S.T., M.T. - Kepala Lab Elektronika
2. Indar Sugiarto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Laboran Lab Elektronika adalah Yulius Margiyatno, S.T.

LABORATORIUM TELEMATIKA

Laboratorium Telematika adalah salah satu laboratorium Prodi Teknik Elektro untuk bidang studi Telematika. Laboratorium ini bertempat di Gedung I lantai-4.

Dosen yang tergabung di Lab Telematika adalah:
1. Iwan Handoyo Putro, S.T., M.Dig.Comm., Ph.D. (Cand) - Kepala Lab Telematika
2. Petrus Santoso, S.T., M.Sc.
3. Ir. Resmana Lim, M.Eng.
4. Lauw Lim Un Tung, S.T., M.T.

Laboran Lab Telematika adalah Dwi Kristyono, S.T.

LABORATORIUM MESIN CNC

Lab mesin CNC memiliki fasilitas yang lengkap karena didukung oleh Mori Seiki (Jepang). Semua mesin di lab ini merupakan mesin untuk industri dan akan terus di-upgrade teknologinya

LABORATORIUM OTOMOTIF

Laboratorium otomotif dimanfaatkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin baik untuk program Teknik Mesin maupun program Otomotif. Selain digunakan untuk praktikum mahasiswa, fasilitas ini juga sering digunakan untuk penelitian maupun pengujian di bidang Otomotif.

LABORATORIUM PENGATURAN DAN UJI KONSTRUKSI

Sebagai sarana pendidikan laboratorium ini mempunyai sejumlah peralatan praktikum untuk menunjang studi tentang mekanika dan sistem pneumatik dasar yang dilengkapi dengan software untuk simulasi.

STUDENT DESIGN FACILITY (SDF)

Ruang SDF disediakan secara eksklusif untuk mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UK Petra. Fasilitas yang dapat dimanfatkan adalah 11 set komputer yang terkoneksi dengan internet dan sudah terinstal perangkat lunak untuk keperluan mengerjakan tugas mata kuliah, proyek kuliah, maupun tugas akhir.

BENGKEL OTOMOTIF KOMETRA

Bengkel KOMETRA memberikan layanan perbaikan dan perawatan motor dan mobil kepada mahasiswa dan staf UK Petra, maupun masyarakat umum. Melalui KOMETRA ini diharapkan mahasiswa dapat memperdalam ilmu praktis dalam bidang otomotif selain belajar mengelola suatu bengkel secara mandiri.

LABORATORIUM SISTEM FLUIDA DAN TERMAL

Pengujian aerodinamika dengan wind tunel, Pelatihan Desain dan Sistem Perpipaan untuk fluida inkompresibel, Pompa dan Kompresor dengan fokus perawatan ,Pengujian Performansi Pompa , Penelitian Turbin Air

LAB STATISTIK

Laboratorium ini menyediakan perangkat lunak yang sangat berguna dalam analisa data secara statistik untuk menghasilkan informasi yang handal

LAB STATISTIK

Laboratorium ini menyediakan perangkat lunak yang sangat berguna dalam analisa data secara statistik untuk menghasilkan informasi yang handal

LAB SIMULASI

Laboratorium simulasi menyediakan perangkat lunak untuk melakukan analisis manufaktur, bisnis atau logistik dengan menggunakan metode simulasi.